Monday, June 12, 2006

Kenapa gue kaga suka Bola

Baru dapet artikel yang menyebalkan dari Kompas.com
Grogol, Warta Kota
Lantaran menolak dipaksa jalan menuju Stadion Lebak Bulus, Metromini B 92 jurusan Grogol-Ciledug dirusak oleh puluhan anggota The Jakmania. Massa yang sebagian besar remaja itu memaksa sopir Metromini mengantarnya ke Lebak Bulus untuk menyaksikan pertandingan Persija Jakarta melawan Arema Malang.

Perusakan Metromini tersebut berlangsung di Jalan Raya Panjang, Kedoya, Kebon Jeruk, Minggu (11/6) pukul 15.00 WIB. Beruntung amukan massa pendukung klub Persija itu hanya sesaat karena polisi berdatangan. Bus Metromini itu hanya rusak di sebagian kacanya. "Tapi Metromini itu langsung kabur," jelas Ujang (18), pedagang asongan yang menyaksikan insiden ini.

Polisi menangkap Rudi (14), seorang pendukung The Jakmania,yang hanya bersekolah sampai kelas II SMP.

Dari Cengkareng, massa naik truk bak terbuka menuju ke persimpangan Pesing. Nah, dari Pesing, mereka melanjutkan perjalanan menuju Lebak Bulus dengan menumpang Metromini B 92 jurusan Grogol-Ciledug. Rudi mengungkapkan, saat itu di dalam bus berukuran sedang itu hanya mengangkut lima penumpang. Mereka langsung turun dari bus begitu anggota The Jakmania berebut naik ke Metromini.

"Saya duduk di dekat sopir. Cuma sopir enggak mau antar kami ke Lebak Bulus. Makanya teman-teman marah".

Dari situlah massa turun dari bus namun menggebrak-gebrak dinding dan atap Metromini. Tindakan itu membuat sopir dan kondektur bus marah-marah dan mengejar supporter. Sampai akhirnya mereka membalasnya dengan melempari bus itu dengan batu dan kayu hingga kaca bus pecah dan retak.


Beginilah Indonesia dan Bola.Gue tau banyak orang yang suka sama sepak bola.Tapi yang gue kaga suka mentalnya...amit-amit bukannya gue kaga cinta sama bangsa sendiri tapi kalau yang seperti ini sering banget terjadi...kemaren gue baru denger ada yang kepalanya terlindas truck karena jatuh dari atas mobil ketika pawai jakmania...truknya di hancurin massa....jelas2 truknya kaga salah...wong sapa juga yang bakalan mengantisipasi ada kepala nganggur di tengah jalan..tiba2.Mau ngerem juga pasti kaga sempet...kenapa juga pada duduk di atas atap kendaraan ?

Kadang gue berfikir orang tuanya ngapain ajah yah sampe tuh anak bernasib naas.Apa kaga di bilangan berbahaya duduk di atas kap mobil ? Is it looks so cool that you risk your life for it ?

Gue ga tau deh sampe di mana kefanatikan berkolerasi dengan perbuatan bodoh dan tak bertanggung jawab....mungkin sangat dekat hubungannya.

Satu hal yang sangat sering terjadi adalah korban atau pelaku adalah teenager...pencarian jati diri atau ikut-ikutan ?duh kalau punya waktu gue pasti bikin riset untuk meneliti masalah ini.

Dari dulu gue kaga pernah suka nonton bola, tapi gue selalu menikmati musim sepak bola...jalanan sepi.

Pengalaman bola
Gue menikmati nonton bola dan benar2 seru pertama dan terakhir adalah ketika final antara Perancis melawan Brazil pada piala dunia 1998.Itu karena gue taruhan semangkuk soto sulung untuk makan malam ke esokan harinya.Waduh seru banget....padahal hanya untuk semangkuk soto.Akhirnya Prancis menang dan saya......makan malam gratis MWA HA HA HA.

Well, selamat menonton bola bagi yang suka...saya hanya ingin menikmati ketenangan saja (karena bokap tidak bole bersorak2 kalau nonton di rumah).

6 comments:

ester said...

Hahahahaa, kok loe sama kayak gue?
satu2 nya pertandingan yang ude gue nonton seumur hidup waktu piala dunia 98 itu. begadang semalaman, akhirnya senang karena zidane yang nyetak gol dan perancis menang.
tapi gue bukan taruhan kok. waktu itu sebel aja temen-temen segang gue (cowok2) pada ngomongin bola dan gue sendirian yang kaga nyambung, hehehe...

Hannie said...

gue kena demam piala dunia waktu tahun 1994. iklannya kan gencar banget tuh, mana waktu itu TV swasta baru rcti. weks dah rasanya.

tapi sejak itu gue biasa aja seh kalo piala dunia.

kadang aja rasanya seru. apa ya namanya, histeria lokal kali ye :D

Jeng Ungu said...

agree with u.. jalanan sepi...

Anonymous said...

son,kalo kata sohib cowok gw: "jangan pacaran sama cowok yg gak suka sepakbola, karena itu bukan cowok sejati."

hihihih..

Sontoloyo said...

@Ellen
WEKS !!

Apa hubungannya Pria sejati sama sepak bola ?
berarti cewe2 yang suka bola apa dong ? androgen sejati ?
Kesejatian seorang pria di nilai dari kecintaan dia kepada cabang atletik...hahahahah makin ngaco.
Gue kaga suka bola karena membosankan...masih mending basket deh...tanding 1 stengah jam golnya bisa banyak heheheheheheh...kalau bola paling banyak scorenya sampe 12...tiu juga lawannya pathethic banget.

uut, said...

sont ada salam dari ronaldinhi from brazil :)) ahahahaha