Wednesday, December 06, 2006

Motif Operandi baru Ngamen

Beberapa minggu ini gue menemukan motif (yang menurut gue) baru dalam hal Ngamen.Pengamen sekarang mengikuti trend tukang minta2 dan pengemis dengan menggunakan anak kecil yang masih lugu untuk menarik minat pemberi sedekah.
Bukannya gue kaga suka sama pengamen tapi eksploitasi anak2 akan melahirkan eksploitasi anak2 yang lebih kecil lagi.




Kebayang ga sih tuh bahayanya gendong anak kecil di bis yang ngeremnya suka mendadak sementara berat tidak proporsional dan susah pegangan karena harus megang alat musik ?
seorang kakak mengeksploitasi adiknya yang bicara ajah mungkin blom bisa, untuk dijadikan suatu alat mencari uang (lebih banyak).

Kemaren gue juga ketemu sama pengamen seperti ini,gue sempet poto sih tapi karena jam 9 malam di bis tentu saja kamera hape gue kaga ngelawan..(P910i)hasilnya terlalu gelap untuk gue posting di sini.....kali ini adiknya perempuan mungkin umur 3 tahun disuruh bagi2 amplop sumbangan.Karena bisnya kencang hampir adiknya terpelanting...untung di pegangin sama penumpang...gara2 anak itu lucu sekali mukanya gue ngasih 1000 perak deh..padahal kaga tau tuh kakaknya nyanyi apa.It works hahahahahahhah....but,Gue kaga suka cara seperti itu...bener2 kaga suka.Kasihan anak2 kecil itu kan...itu untung ada yang pegangin, kalau kaga ada kan bisa nge glundung ke depan sopir (kalau kepentok kursi penumpang gimana ?).

Sangat bahaya deh tuh....MENYEBALKAN !!

6 comments:

Rara Vebles said...

Serba salah ya.. kalo kita ngasih mereka duit, jelas2 ngga mendidik karena dg mereka memperoleh pendapatan dari ngamen, bikin mereka malas bekerja (bg orang tuanya) dan malas sekolah bagi anak2.. kebayangkan nasib generasi penerus bangsa ini..

Tpi, di lain sisi, kita iba membayangkan beratnya hidup mereka, dan pada kenyataannya mereka membutuhkan uang 'pemberian' dari kita..

Anonymous said...

motif? modus kaleeeeeee

Wina said...

Son, apa bedanya motif sama modus? nah lho.. jadi pelajaran bahasa indonesia kan..

btw soal mendidik anak dgn kekerasan, gw juga ga demen, even menyentil anak aja gw ga pernah dan marah sekali saat tau suami menyentil telinga zaki hanya karena zaki rewel...

Sontoloyo said...

@Rara

There must be a better way.hanya butuh pemikiran yang lebih dalam.

konnyaku said...

wkt pas balik jkt november lalu, pgn ngepost ini pdhl haha..

Anonymous said...

Waduh sama euy, tadinya gw mo angkat topik ini gara2 bbrp kali gw pulang berenang malem2 gw ktemu sama bapak2 yang bawa anaknya ngamen, kyknya umurnya sekitar 4 taunan, lucu ngegemesin soalnya dia cengar-cengir. Enggak ada kejadian berarti sih tapi gw kagum sama anak kecil itu, pasalnya "Kok pinteran dia naek busnya, lincah banget bisa gelayutan seenak jidatnya. Lah gw yang udah bangkotan aja masih ngeri-ngeri naek bus takut jumpalitan".
Hehehe eniwei, gw setuju pengeksploitasian anak kecil gak SOPAN..!!