Thursday, April 20, 2006

Pembunuh lingkungan atau...pembunuh keturunan ?

Kaga tau kenapa tiba2 gue jadi pengen nulis mengenai illegal logging.

Gue bete banget sama mereka karena maen hantam ajah tuh hutan2 kita.

Gue sempet lihat2 di artikel-artikel mengenai hal ini dan sangat mengerikan kalau tindakan itu di biarkan.Di katakan di artikel itu hutan akan habis dalam waktu 10-15 tahun kedepan.WHAT !!!

Berarti nanti gue cuman bisa cerita sama cucu gue.."dulu engkong pernah ngeliat badag bercula 1,pohon jati yang tingginya 10 meter, harimau yang bentuk kupingnya seperti sayap kupu-kupu dan lain2.

Hiks kasihan amat cucu gue...dan juga cucu yang motongin hutan sembarangan.Bayangkan tidak ada daerah untuk menampung air hujan, membuat oksigen dan menahan efek rumah kaca.Gile yah mereka kaga mikir kali kalau yang nanti rugi adalah anak dan cucu mereka juga atas perbuatan ini.
DUH..DUH !!! orang2 berduit itu kadang menjengkelkan....

You think you own whatever land you land on
The earth is just a dead thing you can claim
But I know every rock and tree and creature
Has a life, has a spirit, has a name

You think the only people who are people
Are the people who look and think like you
But if you walk the footsteps of a stranger
You'll learn things you never knew you never knew

Have you ever heard the wolf cry to the blue corn moon
Or asked the grinning bobcat why he grinned ?
Can you sing with all the voices of the mountain ?
Can you paint with all the colors of the wind ?
Can you paint with all the colors of the wind ?

Come run the hidden pine trails of the forest
Come taste the sun-sweet berries of the earth
Come roll in all the riches all around you
And for once, never wonder what they're worth

The rainstorm and the river are my brothers
The heron and the otter are my friends
In a cirle, in a hoop that never ends

Have you ever heard the wolf cry to the blue corn moon
Or let the eagle tell you there he's been
Can you sing with all the voices of the mountain ?
Can you paint with all the colors of the wind ?
Can you paint with all the colors of the wind ?

How high does the sycamore grow ?
If you cut it down, then you'll never know


And you'll never hear the wolf cry to the blue corn moon
For whether we are white or copper-skinned
We just sing with all the voices of the mountain
Need to paint with all the colors of the wind
You can own the earth and still
All you'll own is earth until

You can paint with all colors of the wind

Colors of the wind by Vannessa Williams

Dengerin lagu ini gue jadi sedih dan hampir menitikan air mata.All you own is earth until...sedih ga sih ? coba deh dengerin lagunya dan resapi maknanya.

Ayo kita mulai menentang illegal logging dengan menggunakan kertas2 yang bisa di daur ulang atau menggunakan 2 sisi kertas...sayang kalau tidak di pakai bulak balik.

9 comments:

ester said...

wahhh.... kalo gitu bangga ding gue ama bos gue. konon... sejak jaman dahulu kala, sejak dikantor ada mesin fotokopi, kertas yang baru, baru dipake kalo surat resmi keluar, or fotokopiin dokumen penting. kalo nggak mahhh... pake aja sisi laen kertas bekas. huehheehehe... hidup bos!

(duh, kalo si bos baca, gue diomelin kaga yah, ngasih tau rahasia sukses dia?, ^_*)

btw, badak bercula satu liat dimana yah? gue baru liat di tipi tuh, hehehe... kan kalo ditipi, anak cucu kita masih bisa liat juga tuh. kan teknologi semakin canggih.

gue sih nggak jauh2 ngebayangin 10-15 tahun lagi, liat aja sekarang, hujan dikit, banjirrrr deh...

blom bencana alam yang ada dimana2.. hiks... semua pasti konsekwensi dr merusak alam..
ayo kita galakkan cinta lingkungan dari diri sendiri dulu.
jangan pada buang sampah sembarangan yak? hehehe...

duh, ngeposting soal ini ah, ntar gue link yak? ^_^

Hannie said...

uhm... kalo nulis make komputer kan gak merusak lingkungan kan? heheee...

e, tapi bener banget, gua juga suka tuh sama harimo kupu2 itu, gile... kalo punah gak bisa lagi dong kita lihat-lihat...

sebaiknya emang kita jaga lingkungan sebaik-baiknya aja. mulai dari diri sendiri :-)

uut, said...

yupe mari..mari ^sambil bawa spanduk nih :P^

wow salut gw ama loe "sont" berani bgt yah liat harimau dihutan,gw pernah liat harimau,badak,singa,itu juga smuanya diKEBON binatang,duhhhh sgt-sgt ketinggalan diirikuwww^pheww^

Sontoloyo said...

Waks, ngeliat sih berani...kalau disamperin kaga berani hahahahah...maksud gue yang di kebun binatang kan belom tentu berhasil di kembang biakan, ada beberapa spesies yng kalau tidak di habitatnya kaga mau berkembang biak.itu yang repot..tentu saja gue harus rada hiperbola dikit hihihihih...kalau cuman lihat di tipi kan kaga seru....kalau lihat aslinya pasti lebih te o pe

Intan Bayduri said...

manusia, tumbuhan, hewan, batu, tanah, gunung, laut, dll semua unsur dunia adalah jiwa dunia, kalo jiwa yang satu merusak jiwa yang lain... dunia mungkin sebentar lagi akan mati. Karena jiwa yang dirusak pasti gak akan tinggal diam, contohnya longsor, banjir, dsb. Take and Give. Manusia mengambil alam, alam memberikan akibatnya. Bukan begitu?
Jadi marilah kita jaga jiwa yang lain, hidupkan dunia, buat dia tersenyum dan awet muda... karena kita adalah bagian jiwa dunia...

Anonymous said...

Setuju sama mimi. Hewan, tumbuhan, tanah, air, de es be de es be, semua jiwa dunia, punya hidupnya sendiri. Dan kalau mereka mati, sebenarnya kehidupan manusia juga kena dampaknya. Sampai zamannya anak cucu cicit kita ntar, barangkali boro-boro sempat bercerita waktu zaman engkong dan *err.. pasangannya engkong apaan yak?* ada hutan-hutan, alam yang indah, dsb, kemungkinan kehidupan manusia sudah jauh lebih sulit dari sekarang dengan semakin banyaknya penyakit-penyakit, bencana alam, dsb. Soalne alam yang seharusnya menopang hidup manusia, sudah pada dirusak.

Yah, minimal buat kita sekarang, bisa lah belajar untuk buang sampah pada tempatnya..

Imelda said...

one more question for sontoloyo:

Do you throw the trash in the bin?

some of us look for solution in the larger picture. nothing wrong with that. Now that we blog / write online... we save more trees. but if we still throw trashes right outta windows and not to the right place, it will destroy our mother earth too. and we cant complain about flood anymore since we are the main factor of why is still happening

just my two cent worth.

:)

Sontoloyo said...

@mimi
Duh kamu dalam sekali yah pengertian mengenai jiwa dan dunia...kudu belajar sama kamu
@Vina
duh vina kamu juga kok bisa ikut2an sama mimi sih ? engkong pasangannya nenek atau amak yah ? hihihihih gue juga kaga tau tuh.
@Imel
I try ...God knows i try tapi kadang2 tong sampah kaga pernah ada di dekat elo...bahkan di terminal bis suka kaga ada tong sampahnya...huh.

ester said...

*mampir lagi*

gue malah masukin bungkus permen di dalam tas, baru buang kalo dah ketemu tong sampah... (egh.. gue dah ngeblog juga soal ini, gue link postingan elo yah, terinspirasi dr sini seh. hehehe..)

kalo emang niat mahhhh... nyari tuh tong sampah ampe ke ujung dunia....